Selasa, 26 Agustus 2014

Microsoft Excel

Pendahuluan

Microsoft Excel adalah General Purpose Electronic Spreadsheet yang bekerja dibawah Sistem Operasi Windows. Microsoft Excel dapat digunakan untuk menghitung angka-angka, bekerja dengan daftar data, dan menganalisa data-data serta mempresentasikannya ke dalam bentuk grafik atau diagram.

Pengenalan Layar Kerja MS Excel

    Formula Bar    : tempat dimana kita menuliskan rumus formula, tapi harus diingat bahwa penulisan rumus formula bukan berupa angka melainkan alamat cell. Setiap kali menuliskan formula yang diperlukan harus selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………).
    Name Box       : tempat yang menunjukkan alamat dari cell / address cell yang ditunjuk oleh pointer.
Name box mencatat alamat cell pointer dengan diawali pencatatan nama kolom (A-IV) selanjutnya nomor baris (1-65536), sebagai contoh :
→ Cell B5 dibaca kolom ke-2 ( yakni kolom B) baris ke-5.

¥ Mengatur Gerak Cell Pointer
v  Enter            : Memindahkan cell pointer dari atas ke bawah
v  Shift Enter   : Memindahkan cell pointer dari bawah ke atas
v  Tab               : Memindahkan cell pointer dari kiri ke kanan
v  Shift Tab      : Memindahkan cell pointer dari kanan ke kiri
v  Page Up       : 1 layar ke atas
v  Page down   : 1 layar ke bawah
v 



Ctrl + (arah) : Ke batas data yang paling kiri, kanan, atas dan bawah
v  Ctrl End       : Menuju ke data yang paling akhir
v  Ctrl Home    : Menuju ke awal cell (A1)
v  Home           : Kembali ke kolom A pada baris yang sama
v  F5                 : Menuju ke cell tertentu do Worksheet

¥ Jenis Data pada Cell
v  Konstanta, terdiri dari 4 jenis type data yakni :
1.      Character : semua huruf dan angka yang tidak dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni A-Z, a-z, dan 0-9
2.      Numeric    : angka yang dapat digunakan dalam melakukan perhitungan yakni 0-9
3.      Date          : data tanggal
4.      Time          : data waktu
v  Formula seperti rumus yang selalu diawali dengan tanda sama dengan (=………) atau tanda tambah (+………). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

¥ Menyalin isi cell
Untuk menyalin isi suatu cell ke cell-cell yang terletak pada bagian bawahnya dapat dilakukan dengan prosedur berikut ini :                                                                                                                             
Pilih blok yang akan disalin lalu letakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.


Pengeditan dan Pemformatan Worksheet

¥ Pengeditan Worksheet
Pengeditan dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu :
1. Tekan F2 di keyboard pada cell yang akan diedit
2. Double klik pada cell yang mau diedit
3. Mengedit pada Formula Bar

¥ Perintah untuk Pengeditan
v  Fill : menyalin data ke lokasi worksheet yang berdekatan
Perintah fill terdiri dari empat pilihan :
1. Up : isi data pada cell dari bawah ke atas
2. Down : isi data pada cell dari atas ke bawah
3. Left : isi data pada cell dari kanan ke kiri
4. Right : isi data pada cell dari kiri ke kanan
v  Delete : untuk menghapus cell beserta dengan isinya.
1.      Tombol Delete : menghapus isi cell terpilih tanpa memindahkan pilihan dari worksheet
2.      Shift Cell Left     menggeser cell ke kiri
3.      Shift Cell Up       menggeser cell ke atas
4.      Entire Row          menghapus 1 baris
5.      Entire Column     menghapus 1 kolom
v  Delete Sheet                    untuk menghapus sheet yang sedang aktif
v  Move or Copy Sheet       untuk memindahkan atau menggandakan sheet yang sedang aktif

¥ Perintah untuk Pemformatan Worksheet
v  Cells… : mengatur format dari komponen yang berhubungan dari cell
Adapun komponen-komponen yang dapat diformat yakni :
Ø  Number (format type data)
Ø  Alignment (format tampilan vertikal, horizontal, dan derajat kemiringan)
Ø  Font (format tulisan)
Ø  Border (format garis)
Ø  Patterns(format warna pada cell)
Ø  Protection (mengunci ataupun menyembunyikan cell)
v  Row : mengatur format dari baris
Ø  Height    : mengatur panjang dari suatu baris
Ø  Autofit   : mengembalikan ke ukuran baris yang standart
Ø  Hide       : menyembunyikan baris yang ditunjuk
Ø  Unhide   : mengembalikan baris yang baru saja dilakukan hide (baris yang ersembunyi)
v  Column : mengatur format dari kolom
Ø  Width…                   :mengatur lebar dari suatu kolom
Ø  Autofit Selection     :mengembalikan ke ukuran kolom yang standart
Ø  Hide                         :menyembunyikan kolom yang ditunjuk
Ø  Unhide                     :mengembalikan kolom yang baru saja dilakukan hide (baris ang tersembunyi)
Ø  Standard Width…    mengatur standart lebar dari suatu kolom
v  Sheet : mengatur format dari sheet yang sedang aktif
Ø  Rename        : mengganti nama sheet yang sedang aktif
Ø  Hide             : menyembunyikan sheet yang sedang aktif
Ø  Unhide         : Menampilkan kembali sheet yang baru saja dilakukan hide (sheet yang tersembunyi)
Ø  Background          : memberi gambar sebagai background dari layar kerja MS Excel
Ø  Tab Color     : memberi warna pada garis bawah tulisan nama sheet

Pemakaian Fungsi pada MS Excel

¥ Operator Perhitungan MS Excel
Penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan pangkat dilakukan dengan cara menuliskan alamat selnya bukan angkanya pada formula bar.
Misal :    Penjumlahan : =A1+B1 atau +A1+B1.
Pengurangan : =A1-B1 atau +A1-B1.
Perkalian : =A1*B1 atau +A1*B1.
Pembagian : =A1/B1 atau +A1/B1.
Pangkat 2 : = A1^2 atau A1^2.

¥ Fungsi Bantu Statistik
v  Max (Range)         : mencari nilai terbesar dari suatu range.
v  Min (Range)          : mencari nilai terkecil dari suatu range.
v  Sum (Range)         : mencari jumlah dari isi data yang terdapat pada suatu range.
v  Average (Range)   : mencari nilai rata-rata dari suatu range.
v  Count (Range)      : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range.

¥ Fungsi Kelompok Text
v  Left     : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
v  Right   : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
v  Mid     : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
v  Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital.
Contoh     : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
v  Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf kecil.
Contoh     : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
v  Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh     : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
v  Len      : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argument jumlah_karakter.
Contoh     : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan 9
v  Text     : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan pada argumen format_teks.
Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)
Contoh     : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00
v  Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan jumlah desimal menurut argumen jumlah_desimal.
Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal)
Contoh     : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857
v  Char    : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII.
Contoh     : =CHAR(125) menghasilkan }.
v  Code   : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII.
Contoh     : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73.
=CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga.

¥ Fungsi Bantu Logika
v  And (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
menghasilkan argument true jika semua logika benar.
v  Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
menghasilkan argument true jika salah satu logika benar
v  Not (Logical)
menghasilkan kebalikan logika.
v  If (Logical Text, Value True, Value False)
menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan.

¥ Fungsi Absolut
Fungsi penggunaan absolut ini adalah apabila kita tidak ingin referensi cell berubah saat suatu formula disalin, buatlah referensi cell absolut dengan mengetik tanda dillar ($) atau tekan F4 apabila pengetikan referensi cell yang anda ingin tidak berubah. Seperti formula =D4 berubah saat anda salin ke cell lain, tetapi $D$4 selalu merujuk pada cell yang sama.

¥ Fungsi VLOOKUP
Fungsi Vlookup merupakan fungsi bantuan references. Fungsi Vlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara vertikal.
Penulisan : =VLOOKUP(nama_baris;tabel;kolom_pencarian;range_lookup)

¥ Fungsi HLOOKUP
Fungsi Hlookup merupakan fungsi bantuan references juga. Fungsi Hlookup dipakai untuk menghasilkan nilai pada tabel secara horizontal.
Penulisan : =HLOOKUP(nama_kolom;tabel;baris_pencarian;range_lookup)

¥ LOOKUP VALUE
Pada prinsipnya sama dengan Vlookup, namun pada lookup value ini memungkinkan kita untuk mengambil beberapa data dari tabel lain sabagai referensi / patokan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar